Administrasi Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD Fase A B dan C Lengkap

Administrasi Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD Fase A B dan C Lengkap
Administrasi Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD Fase A B dan C Lengkap

Salam guru hebat!!! Selamat datang di gurudika.com, kali ini gurudika mencoba menyajikan Capaian Pembelajaran (CP) yang bisa digunakan untuk melengkapi administrasi guru terutama guru Sekolah Dasar. Capaian Pembelajaran yang gurudika sajikan adalah mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Capaian Pembelajaran ini kami susun ke dalam file word (Microsoft Word) dan sesuai dengan regulasi dari Kemdikbud (KEPUTUSAN NOMOR 008/H/KR/2022 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA KURIKULUM MERDEKA). Pada Capaian Pembelajaran berisi berbagai elemen yang didapatkan pada tiap fasenya. Elemen berdasarkan Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada masing-masing Fase A, B, dan C terdiri dari:

  • Elemen Pancasila
  • Elemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Elemen Bhinneka Tunggal Ika
  • Elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dikutip dari Kemdikbud bahwa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila mempunyai kedudukan strategis dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.

Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Tujuan mata pelajaran Pendidikan Pancasila berdasarkan Kemdikbud adalah:
  • Berakhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui sikap mencintai sesama manusia, mencintai negara dan lingkungannya untuk mewujudkan persatuan dan keadilan sosial.
  • Memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya sebagai dasar negara, ideologi, dan pandangan hidup bangsa, serta mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menganalisis konstitusi dan norma yang berlaku, serta menyelaraskan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di tengah-tengah masyarakat global.
  • Memahami jati dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berbineka, serta mampu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan jenis kelamin, SARA (Suku Agama, Ras, Antargolongan), status sosial-ekonomi, dan penyandang disabilitas.
  • Menganalisis karakteristik bangsa Indonesia dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya, dengan kesadaran dan komitmen untuk menjaga lingkungan, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta berperan aktif dalam kancah global.
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Berikut Capaian Pembelajaran Pancasila yang bisa Bapak/Ibu Guru unduh/download. 





Semoga Administrasi Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD Fase A, B, dan C bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru hebat. 

Posting Komentar untuk "Administrasi Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila SD Fase A B dan C Lengkap"