Langkah - Langkah Cara Pembagian Bersusun Porogapit

Cara Pembagian Bersusun Porogapit

Halo adik-adik, apakah kalian suka pelajaran Matematika? Kali ini Guru Dika akan memberikan materi bagaimana cara pembagian bersusun (porogapit). Membagi suatu bilangan cacah sama artinya dengan mengurangi bilangan itu secara berulang sampai habis. Misalnya, 6 : 2 = 6 - 2 - 2 - 2 = 0. Ada 3 kali pengurangan 6 oleh 2. Jadi 6 : 2 = 3. Selain dengan cara pengurangan berulang, operasi hitung pembagian juga dapat diselesaikan dengan cara bersusun. 

Contoh pembagian cara bersusun (Porogapit)

Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Cara Pembagian Bersusun Porogapit








Pembagian bersusun adalah pembagian dengan cara menyusun bilangan yang akan dibagi dengan susunan menurun. Sama halnya dengan Porogapit merupakan cara untuk membagi bilangan yang digitnya lebih dari satu. Kenapa disebut pembagian porogapit? Kata “Poro” dalam bahasa Jawa artinya bagi sedangkan “Gapit” artinya dijepit. Sehingga porogapit sering disebut pembagian dengan cara dijepit. berikut langkah-langkah pembagian dengan cara porogapit.

Langkah-langkah Pembagian Porogapit

Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah pembagian bersusun (porogapit).

Contoh 84 : 2 = ?

Cara menyelesaikannya adik-adik perlu tahu pembagian 2. (8:2) dan (4:2).

Langkah 1: Buatlah garis porogapit dan tulis soal yang dibagi 84 (kanan) dan pembagi 2 (kiri) pada porogapit seperti gambar di bawah ini.

Langkah 1 Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 1 Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 2: Hitunglah angka yang dibagi dari yang paling kiri dengan pembagi. Angka yang dibagi (84) paling kiri adalah angka 8 dibagi dengan angka pembagi (2). Jadi 8 : 4 = 2, selanjutnya tulis hasilnya di atas porogapit (hasil ditulis dari kiri ke kanan) seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2 Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 2 Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 3: Kalikan hasil pembagian dari 8:2 (4) dengan pembagi (2) yaitu 4 x 2 = 8 , tulis hasilnya di bawah yang dibagi (84) tepat pada angka 8 (kiri), seperti gambar di bawah ini.

Langkah 3 Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 3 Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 4: Kurangkan hasil dari 8 - 8 = 0 (jika hasilnya 0 tidak perlu ditulis, jika hasilnya lebih besar daripada 0 perlu ditulis) karena 8 - 8 = 0 maka tidak perlu ditulis hasilnya 0, karena masih ada sisa dari yang dibagi, seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 4 Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 4 Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 5: Turunkan sisa dari yang dibagi (84) yaitu turunkan angka 4 seperti pada gambar langkah 4.

Langkah 6: Bagi hasil pengurangan sisa turunan yang dibagi yaitu 4 dengan pembagi 2, hasilnya adalah 2, selanjutnya tulis hasilnya di atas porogapit di sebelah kanan hasil pembagian sebelumnya, seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 6 Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 6 Pembagian Bersusun Porogapit







Langkah 7: Selanjutnya ulangi seperti pada langkah 3 dan 4 sampai tidak ada sisa (hasilnya 0), seperti pada gambar di bawah ini. 

Langkah 7 Cara Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 7 Pembagian Bersusun Porogapit

Langkah 8: Karena sudah tidak bersisa, maka hasil dari pembagian 84 : 2 adalah angka di atas porogapit yaitu 42. 

Langkah 8 Hasil Pembagian Bersusun Porogapit
Langkah 8 Hasil Pembagian Bersusun Porogapit
Itulah langkah-langkah mengenai cara pembagian bersusun porogapit. Untuk contoh di atas merupakan  pembagian tanpa sisa, karena hasil pengurangannya habis yaitu 0. Pembagian tanpa sisa adalah pembagian yang hasilnya tidak ada sisa (0). Contoh : 
45 : 9 = 5
445 : 5 = 89
468 : 6 = 78
Ketiga soal tersebut merupakan pembagian tanpa sisa. 
Untuk lebih jelasnya silahkan adik-adik / para siswa tonton video di bawah ini mengenai pembagian dengan cara porogapit.

Posting Komentar untuk "Langkah - Langkah Cara Pembagian Bersusun Porogapit"