Kumpulan Modul Ajar SD Kelas 4 (Fase B)

Download Kumpulan Modul Ajar Kelas 4 Fase B
Kumpulan Modul Ajar Kelas 4 Fase B

Kumpulan Modul Ajar SD Kelas 4 (Fase B) - Salam Guru Hebat! Gurudika kali ini akan membagikan kumpulan Modul Ajar Sekolah Dasar khususnya kelas 4. Kumpulan Modul Ajar kami sajikan dengan kurikulum saat ini, yaitu Kurikulum Merdeka. Silahkan Bapak/Ibu Guru bisa unduh untuk keperluan Administrasi yang digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas 4. Selanjutnya, silahkan Bapak/Ibu modifikasi sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Pendidikan merupakan pondasi utama dalam membentuk generasi masa depan. Bagian penting dari proses pendidikan adalah penyediaan materi ajar yang berkualitas. Salah satu upaya untuk memastikan ketersediaan materi ajar yang baik adalah dengan menggunakan modul ajar. Modul ajar adalah suatu kumpulan materi pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan terstruktur untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Modul ajar tidak hanya berisi teks belaka, tetapi juga meliputi berbagai macam sumber daya seperti gambar, video, latihan soal, dan rangkuman materi. Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Berikut modul ajar untuk kelas 4 yang kami sajikan seperti Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), dan Seni Budaya. 

Komponen Modul Ajar

Komponen modul ajar ini berdasarkan komponen yang tercantum pada guru.kemdikbud.go.id yaitu:

1. Tujuan pembelajaran

  • Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman.
  • Tujuan pembelajaran akan menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan.
  • Tujuan pembelajaran pun bisa mencakup berbagai bentuk, mulai dari pengetahuan (fakta dan informasi), prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, serta kolaborasi dan strategi komunikasi.
2. Kegiatan pembelajaran

  • Mencakup urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah konkret, yang disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar murid.
  • Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, dalam tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.
3. Rencana asesmen
  • Rencana asesmen mencakup instrumen serta cara melakukan penilaian. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
  • Asesmen dapat berupa asesmen formatif maupun asesmen sumatif. Namun, kedua jenis asesmen ini tidak harus selalu digunakan dalam modul ajar, melainkan dapat disesuaikan tergantung pada cakupan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid.
  • Dalam merencanakan asesmen, guru juga perlu memahami salah satu prinsip asesmen dalam Kurikulum Merdeka adalah mendorong penggunaan berbagai bentuk asesmen, bukan hanya tes tertulis. Hal ini dilakukan agar pembelajaran bisa lebih terfokus pada kegiatan yang bermakna, serta informasi atau umpan balik dari asesmen tentang kemampuan murid juga menjadi lebih kaya dan bermanfaat dalam proses perancangan pembelajaran berikutnya.
Silahkan Unduh / Download Administrasi Modul Ajar Kelas 4 SD (semester 1 dan semester 2) pada link di bawah ini:

Download Modul Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 4 Fase B

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Fase B 

Download Modul Ajar IPAS Kelas 4 Fase B 

Download Modul Ajar Matematika Kelas 4 Fase B

Download Modul Ajar Seni Budaya (Seni Rupa), (Seni Tari), (Seni Teater), (Seni Musik) Kelas 4 Fase B

Download Modul Ajar PJOK Kelas 4 Fase B

Download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 4 Fase B

Demikianlah kumpulan modul ajar kelas 4 fase B kami sajikan, semoga postingan ini bermanfaat untuk Bapak dan Ibu guru. Salam Guru Hebat!







Posting Komentar untuk "Kumpulan Modul Ajar SD Kelas 4 (Fase B)"